wisata merapi kaliurang

Kuliner Saat Wisata Merapi Kaliurang Jogja Tentunya Jadah Tempe Mbah Carik

Di sepanjang tempat wisata merapi kaliurang ada banyak pilihan jajanan, mulai dari sate kelinci, pecel, bakso, sate ayam, es kelapa segar yang ditawarkan. Tetapi jadah tempe adalah jajanan yang banyak dijumpai di daerah kaliurang dan jadah tempe Mbah Carik memang menjadi legenda makanan khas di Kaliurang. Konon makanan ini menjadi makanan favorit Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

wisata merapi kaliurang

Jadah Tempe Mbah Carik ini terletak di lereng Gunung Merapi di area wisata Kaliurang. Tempatnya tidak jauh kira-kira sekitar 1 km dari loket masuk ke Kaliurang sebelum tugu udang. Sekarang warung jadah tempe Mbah Carik mengalami perluasan ke belakang. Tempatnya lebih leluasa enak buat nongkrong dan tentunya hawanya sejuk.

Konon menurut cerita kenapa jadah ini yang menjadi legenda adalah Mbah Carik karena jadah tempe ini pertama kali dikenalkan oleh Sastro Dinomo. Pada saat itu Sastro Dinomo menjabat sebagai Carik, carik dalam istilah pemerintahan adalah sekretaris desa. Pada tahun 1950-an diawal-awal jadah tempe baru diperkenalkan diman sebelumnya makanan ini dianggap sebagai makanan biasa saja bagi orang desa.

Makanan tersebut menjadi terkenal ketika Sri Sultan Hamengkubuwono IX mencoba mencicipi jadah tempe. Ternyata Beliau sangat menyukainya apalagi beliau sering mengutus pengawalnya untuk membeli jadah tempe ke Kaliurang. Sejak saat itulah makanan Jadah tempe menjadi terkenal dan menjadi makanan khas Yogyakarta khususnya di Kaliurang hingga saat ini.

wisata merapi kaliurang

Bahan baku dari jadah (uli) atau orang jawa bilang gemblong adalah terbuat dari ketan yang telah dikukus lalu ditumbuk bersama kelapa parut dan garam, perpaduan kelapa parut dan garam itulah yang menimbulkan rasa gurih pada jadah. Sedangkan tempe yang disediakan adalah tempe bacem dan ada juga tahu bacem, proses pembuatan bacem untuk tahu dan tempe yaitu dengan direbus dan dibumbui serta diberi kecap untuk menimbulkan warna kecoklatan pada tempe serta untuk memberikan rasa manis.

Menu jadah tempe ini lebih cocok untuk dijadikan camilan sambil menikmati kopi atau teh panas. Jadah Tempe Mbah Carik ini dijual per paket. Ada Paket Jadah Tempe, Paket Jadah Tempe Tahu dan Jadah Tahu atau isinya bisa variasi sesuai keinginan. Untuk paketnya isinya bervariasi, mulai dari 5 biji sampai 10 biji. Bagi para traveller yang sedang menikmati wisata merapi kaliurang ingin mencicipi jadah tempe mbah carik ini alamatnya.

wisata merapi kaliurang

Alamat Pusat :

Jl. Astomulyo, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
Telepon: 0813-2805-2182 / (0274) 4464277

Alamat Cabang :

Jl. Kaliurang KM.15, Umbulmartani, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223
Telepon: 0815-7855-8388

Alamat Cabang :

Jl. Gejayan No.9 A Kota Yogyakarta (Depan Pasar Demangan)

>>>MAU TAU TIPS-TIPS TENTANG DUNIA INTERNET MARKETING GRATIS SELAMA 1,5 TAHUN BERNILAI PULUHAN JUTA RUPIAH?? YUK DAFTAR FREE MEMBERNYA KLIK DIBAWAH INI!<<<

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.