Otak otak Tanjung Pinang, Cocok Sebagai Oleh Oleh Khas Tanjung Pinang

Otak otak Tanjung Pinang merupakan salah satu makanan khas di Provinsi Kepulauan Riau, diantaranya tersebar di Batam, Tanjung Batu, Bintan, Pulau Penyengat, dan khususnya di Tanjung Pinang. Kota Tanjung Pinang merupakan ibu kota dari Provinsi Kepulauan Riau yang terletak di Pulau Bintan Provinsi Kepulauan Riau. Dulunya Kepulauan Riau menjadi satu dengan Provinsi Riau.

otak otak tanjungpinang

otak otak tanjungpinang

Ada beberapa makanan khas Tanjungpinang yang perlu kita rasakan saat kita berkunjung di kota ini. Kuliner Tanjung Pinang yang perlu dicoba diantaranya Siput Gonggong, Kue Batang Buruk tp rasanya tidak buruk lho hehehe.. ada juga Bilis Gulung, tapi kuliner atau camilan yang banyak dijumpai disetiap sudut keramain adalah Otak-otak.

Otak otak Tanjung Pinang ini memang sangat khas. Ciri khas otak-otak Tanjung Pinang adalah jika dilihat dari warnanya memiliki dua warna yaitu kuning kemerahan dan warna putih,  kemudian di bungkus dengan daun kelapa tua yang di satukan. Khususnya yang menjadi favorit adalah otak-otak ikan Tanjung Pinang yang memiliki warna jkuning kemerahan dengan rasa pedas rempah yang khas dan kuat.

otak otak tanjungpinang
Otak Otak Disajikan Dengan Siput Gonggong

otak otak tanjungpinang

Otak otak Tanjung Pinang memang berbeda dengan otak otak yang di jual dan dibuat di daerah jawa, sumatera dan kalimantan karena dibungkus menggunakan daun pisang. Sedangkan makanan Otak otak Tanjung Pinang ini disajikan dengan di bungkus dengan daun kelapa yang berwarna hijau sekalian dengan lidinya, yang masing-masing sisi ujungnya dijepit, bisa dengan lidi, atau bisa juga dengan menggunakan staples dan selanjutnya adonan yang sudah dibungkus tersebut kemudian dibakar dengan menggunakan bara api hingga matang.

Tekstur otak-otak Tanjung Pinang lembut dan sedikit kenyal, campuran kelapa dalam adonannya menambah gurih rasa otak-otak khas Tanjung Pinang ini.  Makanan yang terbuat dari ikan yang digiling halus dicampur bumbu khusus ini terasa gurih di lidah. Otak-otak merupakan sejenis makanan yang terbuat dari campuran bumbu, tepung dan daging ikan yang dibungkus menggunakan daun kemudian dibakar. Otak – otak adalah makan khas dengan cita rasa yang tinggi, ada 3 jenis otak otak yang dijual diantaranya otak otak ikan tenggiri, otak otak cumi-cumi, otak otak tulang ikan.

otak otak tanjungpinang

otak otak tanjungpinang

Otak Otak Ikan Tenggiri merupakan hasil produk olahan sendiri warga setempat, yang berbahan dasar dari Ikan Tenggiri segar dan rempah rempah tanpa bahan pengawet dibungkus dalam daun kelapa yang merupakan bentuk khas melayu sehingga memiliki aroma yang menggoda dan rasa yang lezat gurih, apalagi dikonsumsi ketika setelah di bakar. Otak Otak ini cocok untuk hidangan atau sebagai camilan bagi keluarga, rekan kantor, untuk pengusaha makanan, oleh oleh untuk sodara.

Kalau masalah otak-otak untuk wilayah provinsi kepulauan riau yang paling terkenal adalah otak-otak kijang, otak-otak pulau bintan, otak-otak tanjungpinang dan otak-otak batam. Intinya dimana pun anda makan apabila sedang berkunjung di Pulau tersebut, panganan ini tidak pernah ketinggalan. Di tempat ini juga terdapat jenis otak-otak yakni otak-otak yang terbuat dari bahan ikan, tulang ikan, dan juga ada yang terbuat dari bahan cumi yang lebih pedas.

>>>MAU TAU TIPS-TIPS TENTANG DUNIA INTERNET MARKETING GRATIS SELAMA 1,5 TAHUN BERNILAI PULUHAN JUTA RUPIAH?? YUK DAFTAR FREE MEMBERNYA KLIK DIBAWAH INI!<<<

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.